Thursday, May 16, 2013

Cara Mengatasi Malware!

Apa itu Malware ?

Dari beberapa sumber yang saya dapat, kita dapat menyimpulkan:


Malware (berasal dari kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang di ciptakan untu merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin dari pemilik.
Pengertian Malware sangat luas dan yang akan dibahas pada artike ini adalah Malware yang berada di website (hosting) dan bagaimana cara menghilangkan serta apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena malware lagi

Silahkan simak baik-baik,

Pernahkan Anda mendapatkan pesan notifikasi seperti gambar berikut ini ketika mengakses suatu website atau bahkan website Anda sendiri. Pesan notifikasi muncul karena website yang Anda kunjungi mengandung malware sehingga browser memberikan notifikasi tersebut untuk menghindari pengunjung agar tidak terkena (terinfeksi) malware dari website tersebut.

Penyebab Malware

Penyebab utama malware di website disebabkan karena komputer yang Anda gunakan untuk melakukan koneksi FTP atau cPanel terkena virus atau malware. Sehingga script malware tersebut menginjeksi beberapa file website Anda, ketika google melakukan scaning atau crawling ke website anda maka google akan menemukan script malware tersebut dan memberikan notifikasi malware yang bekerja sama dengan browser ketika ada pengunjung yang mengunjungi website tersebut.

Solusi website yang sudah terkena malware

Solusi untuk website yang sudah terkena malware adalah sebagai berikut :
1. Membersihkan komputer yang Anda gunakan dari virus atau malware menggunakan software antivirus terupdate.
2. Mengganti password cPanel, FTP.
3. Membersihkan script malware di semua file website Anda.
4. Melakukan permintaan review kepada google menggunakan layanan google webmaster tools untuk menghilangkan pesan malware di website Anda.
Dari point di atas hal yang paling sulit adalah mengetahui script malwarenya apa dan berada pada file apa saja. Untuk hal ini, bisa diperiksa menggunakan layanan google webmaster tools.

Setelah domain Anda terdaftar di layanan google webmaster tools, untuk memeriksa mengenai malware dari menu “Health” > “Malware”. Jika belum ada informasi mengenai script malware di website Anda, silahkan melakukan permintaan review dari link “Request a review”.

Anda bisa menghapus script malware yang berada di file website Anda, jika Anda kesulitan menentukan script malware dan cara menghapusnya silahkan menghubugi support provider hosting yang Anda gunakan agar bisa dibantu.
Semoga bermanfaat.


Terimakasih sudah berkunjung.
mari sharing dan berbagi, tinggalkan komentar anda :)

3 comments:

  1. aduh saya juga pernah terkena malware kemaren, dan alhamdulilah sekarang sudah terbebas lagi, thanks infonya

    ReplyDelete

Apa pendapat anda? silahkan tinggalkan komentar anda, demi kemajuan kita bersama ;)